Suka Duka Menjadi Mahasiswa Teknik Informatika

mahasiswa, teknik informatika

Hallo sobat kali ini saya akan berbagi cerita selama menjadi mahasiswa teknik informatika, dan ternyata menjadi mahasiswa teknik informatika itu ada manisnya dan ada juga asemnya, hal ini yang saya alami selama 2 tahun terakhir menjadi mahasiswa teknik informatika, bagi kalian yang ingin masuk jurusan teknik informatika simak artikel ini, agar kalian tau bagaimana realita kehidupan mahasiswa teknik informatika itu seperti apa.

1. Bisa membuka usaha sendiri.
Jika kalian masuk jurusan teknik informatika, kalian gausah khawatir ga dapat kerjaan ataupun pusing cari duit buat jajan sehari-hari, karena sebagai anak teknik informatika kita sudah dibekali ilmu tentang teknologi, sistem komputer, dan tentunya tentang pemrograman, kita bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuka usaha, asalkan ada kemauan dan kemampuan pasti disitu ada jalan, misalkan kalian punya skill dibidang instalasi laptop dan HP kalian bisa membuka jasa install ulang laptop dan HP, apabila kalian punya skill dalam pemrograman kalian bisa membuat jasa pembuatan online shop/Toko online, dan masih banyak lagi. keren kan?

2. Ceweknya dikit.
Kalo hal ini memang sudah jadi derita umum menjadi anak teknik, di kelas-kelas teknik termasuk teknik informatika, jangan ngarep dapat temen cewek banyak, bayangkan saja dari 40-50 mahasiswa satu kelas (misalkan), paling banyak juga 6 orang cewek sisanya cowok semua haha sedih kan. Hal ini dialami oleh saya sendiri haha, padahal dulu masuk kuliah harapannya bisa dapat cewek kampus dan ternyata oh ternyata, sama seperti STM ketemunya cowo lagi cowo lagi hahaha apek banget dah.
Tapi ga putus asa walaupun ga bisa dapet gebetan lewat kelas teknik informatika, di jurusan lain bisa kali ya dapet, dimana ada kemauan pasti disitu ada jalan hahaha upss kuliah.. kuliah!!

3. Laptop bagaikan pacar sehati.
Gimana ga sehati yang dipegang laptop terus, entah itu untuk mengerjakan tugas, nonton anime, main game, ngoding dan menulis artikel di blog, pokoknya laptop selalu, ada juga mahasiswa yang kurang puas dengan instalasinya, bentar-bentar instal ulang padahal itu laptop ga kenapa-kenapa mungkin karena perhatiannya kali ya sampe segitu nya haha (belajar nginstal laptop).

4. Putus asa bukan tipe anak teknik informatika.
Seperti diatas walaupun ga dapet cewek dikelas tetap ga putus asa haha, tenang bukan itu maksudnya, yang di maksud di sini adalah kita sebagai anak teknik informatika pasti kedepannya akan banyak sekali masalah yang akan dihadapi, bukan masalah hidup tapi masalah program tenang aja, ketika dosen memberikan tugas untuk membuat program ini, algoritma ini dan ketentuan seperti ini, di sini lah otak kita akan mengalami pemanasan global haha, karena kita harus siap mneyelesaikan algoritma tersebut dan memulai membuat program sesuai ketentuan yang diberikan dosen, bukan disitu saja di sini lah tantangannya apabila program yang kita buat terjadi error atau kesalahan kita harus bisa menyelesaikannya agar program yang kita buat bisa berjalan dengan lancar.

5. Tiap hari ketemu sama coding.
Yah emang ga setiap hari juga si masih banyak materi yang bikin kepala pusing lainnya, tapi kan yang penting itu, yah kodingan itu, contoh apabila ada tugas bahasa pemrograman membuat aplikasi, otomatis ketemu setiap hari tuh yang namanya codingan, apalagi kalo ada error atau kesalahan yang pasti kodingan terus yang dipantengin haha, nah yang ditakutkan di sini kalo kita keseringan ketemu bahasa pemrograman nanti malah lupa bahasa sehari-hari lagi hahaha.

6. Kalau kalian download aplikasi, anak teknik informatika malah sibuk buat aplikasi.
Kerennya anak teknik informatika itu, di saat kalian sibuk download aplikasi yang keren dan terbaru anak teknik informatika malah sibuk cari ide membuat aplikasi, karena anak teknik informatika itu bukan hanya pemakai aplikasi saja tetapi pembuat dan perancang aplikasi, keren kan?? contoh ketika kalian memakai aplikasi dan kalian tau cara membuat dan konsep aplikasi tersebut pasti kalian akan mempunyai inisiatif untuk membuat aplikasi sendiri, ini juga bagus untuk meningkatkan skill coding kalian.

7. UTS/UAS melampaui akal pikiran manusia.
Kalau waktu kecil saya takutnya sama kolongwewe, sekarang malah takutnya sama soal UTS/UAS. Rasa takut memang bukan jadi alasan untuk menghindar, tapi... rasa takut akan sesuatu yang simple itu menakutkan seperti UTS/UAS. Sebenarnya UTS/UAS memang bukan untuk ditakutin, tapi kalo soal UTSnya diluar nalar akal manusia gimana? Baru kali ini si nemuin soal yang semakin dipikir, makin ga bisa mikir, akhirnya ga mikir-mikir dan jadinya males mikir, bingungkan bacanya? sama saya juga ahaha. Jadi gini soal si cuman 5, tapi..... jawabannya 2 portofoliopun ga cukup!!, malah waktu 120 menitpun ga kerasa buat ngerjain, keren kan? haha. Hitung-hitungan matematika di teknik itu beda banget sama waktu STM, Namun sesulit apapun soal bahkan sampai ga terjangkau sama akal manusia sekalipun, yang penting semangat untuk mencari tahu dan semangat belajar nya ga berkurang.

Nah gimana apakah sudah ada gambaran untuk masuk jurusan teknik informatika? saya di sini bukan untuk menakut-nakuti ataupun promosi jurusan teknik informatika, hanya ingin berbagi cerita saja yang saya alami selama menjadi mahasiswa teknik informatika. Oiya dan jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia sebagai wujud apreasi kalian terhadap blog ini. Sekian dan Terimakasih.
Previous
Next Post »