z -->

Perlengkapan Belajar Java Netbeans

java, netbeans, perlengkapan belajar java netbeans


Assalamualaikum wr wb, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi materi dan kumpulan tutorial yang saya dapatkan dari tempat kuliah, alasannya saya berbagi materi dan kumpulan tutorial ini dikarenakan beberapa kawan saya nanya - nanya dan tertarik buat belajar bahasa pemrograman juga, sayang kan kalau punya materi, tapi di simpen sendiri aja, nanti ga berkah loh ilmunya ^^.  Nah maka dari itu mending nulis di sini aja dah, dan siapa tau apa yang saya tulis disini juga bisa bermanfaat bagi semua orang kedepannya.. amin

Oke oke daripada saya kebanyakan ngoceh ga jelas arahnya kemana dan berujung ke curhat nantinya mending kita kembali ke topik pembahasan aja.. tentang perlengkapan belajar java netbeans. Yuk simak.

Perlengkapan Belajar Java Netbeans.
Sebelum kita memulai untuk belajar membuat dan mengembangkan aplikasi java, kita perlu mengetahui perlengkapan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi java dengan netbeans. Seperti halnya kita akan berperang, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan perang seperti pistol, pesawat jet, tank perang, basoka dan sebangsanya..

Berikut perlengkapannya untuk kalian yang ingin belajar Java Netbeans.

1. Komputer/Laptop
Ya iyalah ini si udah pasti dan harus ada, tidak mungkin kan kita membuat aplikasi java netbeans dengan batu bata dan semen..

2. JDK (Java Development Kit)
Java Development Kit digunakan untuk mengkompilasi, debug, dan menjalankan aplikasi pada java, jadi intinya kalau kalian tidak menginstal JDK di komputer/laptop sudah dipastikan aplikasi java yang kalian buat tidak akan berjalan.

3. JRE (Java Runtime Environment)
Jika kalian ingin menjalankan aplikasi java, di komputer/laptop kalian juga harus diinstall JRE. JRE termasuk dalam Java Virtual Machine (JVM). JVM adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa Java ke bahasa mesin.

4. Netbeans IDE
Netbeans adalah software yang digunakan untuk programmer dalam mengembangkan aplikasi Java. Netbeans IDE memberikan utilities yang lengkap berupa compiler, linker, debugger, dan lain sebagainya.

5. Database
Dalam membuat aplikasi Java dengan netbeans nantinya di sini akan memberikan tutorial Java netbeans tanpa database maupun dengan database, jadi untuk persiapan saja kalian harus punya minimal MySQL, jadi pas ketika ada tutorial menggunakan database kalian sudah siap.

6. Kopi
Kopi adalah minuman hangat yang enak untuk menemani kita dalam membuat aplikasi. ketika menyusun koding, akan terasa nikmat bila ditemani dengan segelas kopi hangat ^^..

Mungkin itu saja beberapa perlengkapan dalam membuat aplikasi java dengan netbeans, oea yang belum saya sampaikan diatas mungkin adalah seperti niat dan kemauan belajar dan berani mencoba, itu adalah faktor krusial dan sangat penting dalam mempelajari java netbeans agar nantinya tidak berhenti di tengah jalan, untuk kumpulan tutorial java netbeans nya ada disini. Sekian dan Terimakasih. Wassalam.

Previous
Next Post »