z -->

Belajar Netbeans Dasar - Program Pertama Hello Word


Waktunya membuat project pertama. Di sini kita akan membuat sebuah program kecil yang menampilkan kata "Hello Word" console dengan bantuan Netbeans IDE. Kalian harus tau bahwa membuat program Hello Word ini adalah ilmu dasar atau ilmu pemula bagi kalian yang mau belajar bahasa perograman java, kita harus belajar dari tingkat pemula dulu, kalau sudah mahir baru kita coba tingkat menengah baru tingkat atas belajar lah secara bertahap. Untuk penjelasan bagaimana cara mendownload dan menginstall netbeans sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya dengan judul Cara Install JDK dan Netbeans. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk membuat program "Hello Word" console, di sini saya menggunakan Netbeans IDE 8.1, dan masih menggunakan OS windows.

1. Buka aplikasi netbeans yang sudah kalian install sebelumnya, yang berada di desktop dengan double klik, berikut tampilan splashscreen saat menjalankan netbeans.

bahasa pemrograman, tutorial, java, netbeans

2. Tunggu hingga loading selesai, lama cepatnya tergantung spek laptop/pc kalian, kalau sudah selesai tampilannya seperti ini.

bahasa pemrograman, tutorial, java, netbeans

3. Setelah masuk ke netbeans, silahkan buat project baru. Dengan cara masuk ke bagian menu bar (berada dibagian pojok kiri atas yang dilingkari merah) Klik [File] -> [New Project]. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

bahasa pemrograman, tutorial, java, netbeans

4. Selanjutnya pada bagian Categories pilih Java dan pada bagian Projects pilih Java Applications kemudian klik next.

bahasa pemrograman, tutorial, java, netbeans

5. Setelah itu akan tampil menu popup, gantilah Project Name menjadi Latihan1 seperti gambar di bawah ini.

bahasa pemrograman, tutorial, java, netbeans

  • Dibagian Project Name disarankan untuk tidak memakai spasi tapi gunakanlah underscore(_) untuk memisahkan antar kata pada kolom Project Name tersebut.
  • Kalian bebas untuk menyimpan file project di mana saja. Sebaiknya simpan di direktori lain (bukan direktori default yang diberikan netbeans) dan beri nama folder seterah kalian agar project tersebut dapat dipakai lagi untuk belajar.

Kemudian Klik Finish.

6. Project kalian akan terbuat dan otomatis terbuka di netbeans. seperti gambar di bawah ini.

bahasa pemrograman, tutorial, java, netbeans

Gambar di atas menunjukan beberapa tampilan pada netbeans yang sering digunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan tambahkan code di bawah ini kedalam blok main.

System.out.println("Hello World!");
System.out.println("Progam Pertama Saya"); 

Selanjutnya kalian Build dan Run Program. Mantab kalian sudah berhasil membuat sebuah project di Netbeans ^^.

Hasil dari menjalankan program di netbeans dapat dilihat di bagian Output seperti gambar dibawah ini.

bahasa pemrograman, tutorial, java, netbeans

7. Selesai..

Demikian lah tutorial kali ini tentang membuat program pertama Hello Word, semoga bermanfaat. Dan jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan ini mohon dimaafkan, untuk tutorial lainnya kalian bisa baca sini. Sekian dan Terima Kasih

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
10 Februari 2018 pukul 16.05 ×

I found your post so interesting.

Reply
avatar
tejal
admin
30 Oktober 2018 pukul 17.01 ×

Very Interesting and wonderful information keep sharing this post kindly check
Viper4android For PC

Reply
avatar