z -->

Belajar Memahami Konsep Dasar Pemrograman Java

Hallo sobat sebelum membuat aplikasi java dengan netbeans, sebaiknya kita mengenali dan memahami terlebih dulu, syntax dalam pemrograman java, pengertian java, kelebihan dan kekurangan java.

A). Pengertian Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi  OOP (Object Oriented Programming), yaitu suatu metode pemrograman berorientasi pada objek, tujuannya untuk mempermudah pengembangan progam dengan mengikuti model yang sudah ada pada kehidupan sehari-hari. Saya ambil contoh sebuah Motor, motor adalah sebuah Object yang terbentuk dari beberapa objek-objek yang lebih kecil lagi seperti mesin , roda, stang dll semuanya saling terhubung dan berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lainnya begitu juga dengan program sebuah objek yang besar terbentuk dari objek-objek yang kecil dan objek-objek itu saling beriteraksi dan mengirimkan pesan dengan objek-objek lainnya.

B). Kelebihan Java
  • Mudah dipahami
Kelebihan bahasa java adalah bisa digunakan hampir di semua platfrom, dan juga dikarenakan pengguna java sangatlah banyak jadi sangat mudah jika suatu waktu menemui kendala dalam membuat aplikasi java untuk memecahkannya dengan berdiskusi di forum-forum java atau mencari di internet.
  • Merupakan bahasa OOP 
Satu kelebihan java begitu populer karena mempunyai konsep OOP, sehingga sangat memudahkan bagi pengguna bahasa java untuk mengembangkan aplikanya.

C). Kekurangan Java
  • Aplikasi  java yang masih rentan di Compile (Melihat source code) dan mudah dibajak.
  • Sedikit lemot alias leles jika dijalakan di laptop/pc spek rendah.
D). Konsep OOP

Konsep di OOP memiliki beberapa konsep salah satunya :

  • Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. Class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan atribut, behavior dan relasi ke object lain. contoh : class pohon, class buah, class motor dll.
  • Object adalah instance dari class secara umum mereprentasikan (template) sebuah object, sebuah instance representasi nyata dari class itu sendiri. contoh : dari class buah kita dapat membuat object Jeruk, Apel, Pisang dll.
  • Attributes merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. attribute merepresentasikan karateristik dari suatu object. contoh : pada class buah terdapat attribut warna, dan rasa, pada object apel : warna berisi merah dan rasa manis.
  • Method di dalam java method disebut juga behavior, method digunakan untuk merubah nilai attribut objek, juga untuk menerima atau mengirim informasi dari/ke objek lain untuk melakukan intruksi. Method terbagi menjadi 2 jenis, Method void dan Method nonvoid, Method void artinya method yang tidak mengembalikan nilai. Method nonvoid sebalikanya method yang mengembalikan nilai. contoh method void seperti : public static void main(String[] args).
  • Encapsulation adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain.
  • Inheritance adalah pewarisan yang artinya sebuah class dapat mewarisi atribut dan method dari class lain.
  • Polymorism suatu aksi yang memungkinkan pemrogram menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki objeknya, dimana objek yang berbeda memberikan tanggapan/respon terhadap pesan yang sama sesuai dengan sifat masing-masing objek.
E). Modifier

Modifier merupakan sebuah ijin hak akses  untuk penggunaan suatu atribut atau method pada suatu package dan class. Terdapat 4 jenis modifier yaitu public, private, protected dan no modifier, contoh seperti gambar berikut :
java, konsep java
  • Public kelas, method maupun atribut yang mempunyai akses modifier public dapat diakses dari manapun dan oleh kapanpun.
  • Protected atribut dan method yang mempunyai akses modifier protected, artinya bahwa atribut dan method tersebut dapat diakses oleh kelas yang sama, package yang sama dan kelas turunan(subclass).
  • Private atribut dan method yang mempunyai akses default, artinya bahwa atribut dan method tersebut hanya dapat diakses oleh clas yang sama.
  • No modifier atribut dan method yang mempunyai akses default, artinya bahwa atribut dan method tersebut dapat diakses oleh kelas yang sama dan package yang sama.

Demikian tentang pemahaman konsep dasar java, postingan selanjutnya cara install jdk dan netbeans untuk melanjutkan ke tahap pembuatan aplikasi java dasar dengan netbeans, terimaksih kasih semoga bermanfaat.

Sumber : www.okedroid.com

 

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
4 Mei 2018 pukul 22.42 ×

Infonya sangat bermanfaat

Congrats bro Tips Install Mandeley you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar