z -->

Cara Mengatasi Android Bootloop

Bootloop adalah momok menakutkan dikalangan pengguna android atau bahkan dioperasi sistem tetangga juga gitu yah? Nah, jika Android kalian mengalami booltoop jangan panik dulu, jangan langsung dijual di situs online dengan harga miring atau saking kesalnya dijadiin batu untuk lempar maling. Seperti yang dibahas di artikel sebelumnya jadilah "User Smart".

Bootloop itu sebenarnya masalah gampang  untuk diperbaiki, sampai ada slogannya dikalangan oprekers android " Ga Bootloop Ga Ganteng", tapi bagaimana dengan pengguna android awam apalagi baru memiliki HP android, dijamin pusing cari cara memperbaiki android bootloop. Maka dari itu saya di sini akan memberikan informasi bagaimana cara mengatasi android bootloop.

Android Bootloop adalah masalah yang terjadi pada HP/tablet android, apa itu bootloop pada android? Istilah bootloop adalah sebuah masalah kerusakan system pada android dimana device gagal startup sehingga tidak mau menyala full hingga menu dan berhenti di logo android saja tidak mau masuk menu homescreen. Penyebab android bootloop ini bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya HP/tablet android upgrade system dan terjadi kegagalan atau menggunakan rom firmware yang salah, sehingga pada saat ponsel di restart, maka yang terjadi adalah munculnya logo android atau logo merk ponsel saja (smartfren, lenovo, samsung, dll) dan berhenti di situ saja alias stuk. Cara mengatasi android bootloop berbeda - beda.

Cara Mengatasi Android Bootloop
Dalam kasus kerusakan android bootloop atau gagal booting ini kita penggunanya harus tenang jangan panik karena android, tablet kita rusak, tapi setiap android maupun tablet semuanya berbeda - beda menanganinya. Untuk memperbaikinya kita harus tau dimana kerusakan atau penyebab kerusakannya apakah karena android anda di root dan ganti custom rom yang salah atau karena instal aplikasi yang salah menyebabkan memory RAM kalian rusak dan terjadi bootloop atau tidak bisa booting. Untuk mengatasinya kita harus tenang membaca petunjuk dari website atau ebook yang kalian lagi baca untuk memperbaiki androd yang tidak bisa booting atau bootloop karena apabila kita tidak tenang mungkin kita tidak berpikir panjang apabila kita maen praktekan saja cara-cara di website atau ebook tersebut, nanti yang ada malah makin rusak dan tidak bisa di perbaiki. Maka dari itu hal pertama yang harus dilakukan adalah tenangkan diri kalian lalu pikir panjang dulu sebelum mencobanya. Sedikit informasi macam-macam bootloop android.

android, bootloop

Macam - macam Android Bootloop
  • Android Light Bootloop, kerusakan bootloop ini biasa terjadi karena pengguna HP android/Tablet dalam keadaan pemakaian normal, install aplikasi, bermain game, namun tiba-tiba saja android kalian reboot atau restart sendiri dan saat dinyalakan kembali hanya sampai di logo saja alias stuk. Tapi bootloop ini sangat mudah di perbaiki.
  • Android Medium Bootloop, kerusakan bootloop android ini terjadi karena pengguna mengutak-atik android tersebut dan masuk ke system, yang biasanya untuk membuka system (Rooting) kerusakan ini adalah tingkat menengah tapi bisa diperbaiki karena HP kalian masih bisa masuk recovery dan masih bisa di backup dan restore kembali.
  • Android Hard Bootloop, kerusakan ini karena kita mengedit script yang ada di dalam android tersebut seperti mengupgrade OS, biasanya bila kita ingin mengedit scriptnya kita harus rooting android kita agar bisa masuk ke system android kita, dan biasanya bootloop ini waktu dihidupkan hanya bergetar saja dan tidak bisa diutak-atik lagi. 
Diatas kita sudah mengetahui semua jenis bootlop android. Nah saya sekarang akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi/memperbaiki android kalian apabila dalam keadaan bootloop dan pada  tingkat apa bootloopnya.
  • Android Light Bootloop, untuk mengatasi atau memperbaikinya, kalian hanya perlu melepaskan baterai HP android/Tablet kalian, karena kerusakan ini hanya karena tegangan di android kalian, seperti kepanasan atau overheat, dan banyak aplikasi yang berjalan sampai RAM ponsel penuh dan mengakibatkan lag dan mati sendiri. Jadi kalian hanya perlu buka casing belakang dan lepas baterai HP android/Tablet kalian sementara waktu, lalu pasang kembali dan hidupkan kembali android kalian dan akan insyaallah akan kembali normal.
  • Androdi Medium Bootloop, Untuk mengatasi atau memperbaikinya, kita harus menggunakan PC/laptop untuk membackup data recovery image + file recovery CWM atau original. Tapi cara ini akan berhasil apabila kalian pernah bakcup data ROM kalian, bila belum pernah kalian bisa cari data recovery yang sama di google, karena apabila tidak sama tidak akan bisa direstore.
  • Android Hard Bootloop, pada kasus paling parah ini cara memperbaikinya kita harus menggunakan PC/laptop yang sudah di install aplikasi khusus atau tertentu untuk instal ulang OS android kalian yang sering disebut Flashing Rom/Frimware. Tapi cara instal ulang OS android berbeda-beda berdasarkan Chipset CPU android tersebut atau bisa disebut juga berdasarkan Hardware android tersebut.
Contohnya seperti berikut :
  • Untuk android dengan Chipset CPU MTK seperti beberapa type HP Samsung Replika, Advan, Mito, Evercross dll, perlu menggunakan alat bantu flashing tool seperti SP flash tool.
  • Untuk merk android terkenal biasanya disediakan tool flashing khusus, seperti HP LG dengan KDZ Tool, ZTE Tab Light dengan Sales_MultiDL, Samsung menggunakan Odin, Sony Xperia menggunakan Flashtool, dan MIUI dengan MiFlash.
  • Untuk android Chipset CPU Allwinner seperti Cyrus pad, Treq basic, Imo Z5, Speed Up, Websong dll bisa menggunakan livesuit, ada juga beberapa merk yang bisa dilakukan dengan Micro SD.
  • Untuk android dengan Chipset CPU RockChip seperti Tabulet Troy, Cube dan HP/Tablet lainnya yang memakai type CPU RockChip bisa menggunakan RK BatchTool.
Cara mengatasi android yang bootloop yang saya jelaskan di artikel kali ini semoga bisa dipraktekan di android kalian yang terkena sial bootloop dan semoga cepat sembuh. Diatas adalah racikan obat untuk mengatasi/memperbaiki android kalian yang terkena penyakit bootloop. Apabila kalian gamau ribet atau pusing kalian bisa hubungi saya, karena saya menerima jasa instalasi HP android bootloop untuk lebih lengkapnya bisa lihat artikel ini Jasa Instalasi Laptop Modding dan Flashing HP.
Jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia sebagai wujud apreasi kalian pada blog ini. Sekian dan Terimakasih.

Previous
Next Post »