z -->

Cara Menambah kapasitas RAM Laptop Dengan Mudah

Hallo sobat, sebagai anak teknik informatika pasti kita membutuhkan spek laptop yang tinggi, terutama dibagian RAM harus memiliki kapasitas besar minimal 4 GB, karena apabila kapasitas kecil bisa mengganggu kita dalam belajar dan mengembangkan aplikasi, yang namanya aplikasi developer itu kan membutuhkan kapasitas RAM besar untuk menjalankannya, contoh seperti android studio butuh kapasitas 4 GB agar tidak berat, itu baru satu aplikasi, apabila di laptop kita memiliki aplikasi developer lebih dari satu? dan membuka aplikasi secara bersamaan (multitasking) maka laptop kita akan berat, maka dari itu di sini saya akan memberikan solusi bagaimana agar laptop kita tidak menjadi berat dengan cara menambah RAM pada laptop. Oiya untuk menambah RAM tergantung dari laptopnya, apakah menyediakan slot untuk menambahkan RAM, ketika ada slotnya maka RAM bisa ditambahkan ke laptop.

Untuk tutorialnya di sini saya menggunakan laptop MSI FX400 dengan sistem operasi windows 64 Bit. Oiya jika anda menggunakan windows 7 32 Bit maka RAM yang baru ditambahkan tidak akan terbaca, disarankan kalian mengupgrade windows kalian menjadi 64 Bit terlebih dahulu agar terbaca dan lebih optimal kerjanya.

ram, tutorial, laptop

Sebelum di pasang RAM.

ram, tutorial, laptop

Berikut langkah-langkahnya :
Langkah 1 Lepas AC Adapter dan lepas baterai dari laptop.

ram, tutorial, laptop

Langkah 2 Lepaskan beberapa baut untuk membuka penutup RAM dibagian bawah laptop.

ram, tutorial, laptop

Setelah terbuka akan terlihat ada 2 slot, yang satu sudah terpasang RAM bawaan laptop dan satu lagi masih kosong

ram, tutorial, laptop

Langkah 3 Pasang RAM baru di slot yang kosong, sesuaikan dengan kaki pin pada slot kemudian tekan kedalam sampai terpasang sempurna, oiya perhatikan bentuk slotnya, karena bentuk slot RAM berbeda-beda, maka dari itu kalian sebelum membeli RAM disarankan melihat terlebih dahulu bentuk slot RAM seperti apa, agar tidak salah beli.

ram, tutorial, laptop

ram, tutorial, laptop

ram, tutorial, laptop

Langkah 4 Setelah RAM terpasang, tutup kembali penutup RAM, dan hidupkan kembali laptop, untuk mengeceknya bisa masuk start klik kanan pada menu computer dan pilih porperties, dan kalian akan melihat kapasitas RAM yang semula 2 GB sekarang menjadi 4 GB.

ram, tutorial, laptop

Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, dan apabila kalian membutuhkan jasa instalasi laptop dan menambah RAM laptop bisa kunjungi artikel berikut untuk lebih lengkapnya Jasa Instalasi Laptop Modding dan Flashing HP. Dan jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia sebagai wujud apreasi kalian terhadap blog ini. Sekian dan Terimkasih.

Previous
Next Post »