z -->

Contoh ServletRequest Menggunakan Netbeans

Tugas sebernanya dari Servlet adalah menangani permintaan dari client. Penggunaan Servlet biasanya digunakan untuk menangani request dari browser untuk menghasilkan response berupa halaman HTML, JSP, File, Gambar dll sesuai request.

Fungsi - fungsi Object Http ServletRequest dan Object Http ServletResponse yang berguna bagi developer adalah ;

  • Object Http ServletRequest dipakai untuk membuat objek request yang dikirimkan oleh client melalui web browser. Object ini dibuat oleh servlet-container, kemudian oleh method service() akan dikirimkan sebagai parameter kepada method doGet(), doPost() dan method lainnya.
  • Object Http ServletResponse terdiri dari semua method yang dibutuhkan oleh developer untuk memproduksi sebuah response yang akan dikirimkan kembali kepada client. Meliputi method - method yang harus di set Http respone header, untuk mendaklarasikan tipe MME dari response, methode yang digunakan untuk mengambil instance dari class java, yang akan kita gunakan secara langsung untuk memproduksi output.

Untuk melayani request dari client, kalian perlu meng-override method service(). Parameter yang dilewatkan ke dalam method service() ini berupa Object Http ServletRequest dan Object Http ServletResponse.

Untuk lebih spesifik terhadap Http method. Kalian juga bisa meng-override method doGet() atau doPost(), kedua method ini mempunyai parameter yang sama dengan service().

Method doGet() akan dijalankan jika client mengirimkan Http request dengan method Get. Contoh dari method Get, adalah jika user meng-klik sebuah link dihalaman web. Dalam kasus ini, web browser akan mengirimkan Http request methode Get ke server.

Method doPost() akan dijalankan jika client mengirimkan Http response dengan method Post, ini terjadi misalnya, saat user mengisi HTML form dengan method Post, dan men-submit  request ke server. Di dalam method service(), doGet, atau doPost() ini anda bisa membaca parameter yang dikirimkan client, mengolah data dan menulis response ke client.

Salah satu skenario yang paling sering ditemukan dan membutuhkan sebuah konten yang dinamik adalah apabila kita ingin aplikasi merespon kepada user yang dipresentasikan dalam bentuk form. Java telah menyediakan method getParameter di dalam Object Http ServletRequest. Method ini akan mengambil sebuah parameter String dari sebuah form. Sedangkan untuk mengambil semua nilai di dalam form digunakan method getParameterValues.

Contoh yang mendemonstrasikan ServletRequest.

Dalam contoh ini, admin akan mambuat bagaimana parameter diteruskan ke servlet dalam bentuk objek permintaan dari halaman JSP.

Untuk mendemonstrasikannya buat project baru terlebih dahulu di netbeans dan masukan source code ini kedalam project yang kalian buat, cara membuat project baru kalian bisa baca disini.

<form method="post" action="Check">
Name <input type="text" name="user">
<input type="submit" value="submit">
</form>
String user = request.getParameter("user");
out.println("<h2>Selamat Datang "+user+"</h2>");
} finally {
out.close();
}

Output

java,servlet,java web,netbeans,java programming,

java,servlet,java web,netbeans,java programming,

Demonstrasi dan cara membuat ServletRequest bisa lihat divideo berikut ini.

Demikianlah artikel tentang Contoh ServletRequest Menggunakan Netbeans ini, dan mohon dimaafkan apabila ada kekurangan ataupun keganjalan dalam tutorial ini mohon dimaklumi saja  admin masih newbie yang hanya ingin berbagi ilmu yang didapatkan dari kuliah. Apabila ada kesulitan ataupun error pada saat mengikuti tutorial ini, kalian bisa berkomentar pada kolom yang tersedia di bawah ini, untuk info atau tutorial java lainnya bisa baca disini, dan jangan lupa untuk membagikan website ini di sosial media kalian sebagai wujub apresiasi kalian terhadap website ini.

Sekian dan Terimakasih.

Previous
Next Post »